Monday 30 January 2012

KAJIAN PENOLAKAN EKSPOR PRODUK PERIKANAN INDONESIA (Studi Import refusal Report US FDA Tahun 2010)

Oleh Rinto
Dipublikasikan dalam Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan III. Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan. Jakarta. 2011.
abstrak
Peningkatan volume ekspor produk perikanan Indonesia selalu diiringi dengan penolakan penolakan. Pada tahun 2010 tercatat  146 kasus penolakan dengan 26 kasus pada bulan Januari-April, 20 kasus pada bulan Mei-Agustus, dan 100 kasus pada bulan September-Desember.  Sebanyak 64% kasus penolakan disebabkan oleh adanya bakteri pathogen maupun toksin yang dihasilkan seperti histamin, 26% disebabkan  filthy, 6% disebabkan oleh adanya residu kimia, dan 4 % disebabkan oleh misbranding. Penolakan produk perikanan terbesar disebabkan oleh adanya kontaminasi bakteri pathogen serta filthy. Hal ini menunjukan masih kurangbaiknya proses produksi pada industri perikanan di Indonesia.
Kata kunci: penolakan produk perikanan Indonesia 2010

abstract
The refusal products always follow increasing of Indonesia fish commodity export. In 2010,   US import refusal of fish commodity from Indonesia was 146 case (26 case in January to April ; 22 case in May to August; and 100 case in September to December). 64% case of refusal fish commodity was caused by present of pathogens bacteria and their toxin, such us histamine. 26% was caused by filthy, 6% caused by chemist residue, and 4% caused by misbranding. The biggest of fish commodity refusal was caused  by present of  pathogen bacterial contamination and filthy. This condition showed the bad of fish processing product in Indonesia.
Key word: refusal, Indonesia fish commodity

I.                   PENDAHULUAN
Tingginya permintaan akan kebutuhan bahan pangan termasuk perikanan mendorong  peningkatan perdagangan produk perikanan di dunia yang telah mencapai lebih dari US$ 85 milyar pada tahun 2006 (FAO, 2008). Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad (www.kabarbisnis.com) Di tahun 2010, Ekspor perikanan Indonesia mengalami kenaikan 8,05% dari tahun 2009, yaitu US 2,46 M menjadi US 2,66M. Namun hanya mencapi 91,89% dari yang ditargetkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adanya penolakan produk yang tidak sesuai dengan standar.
 Seiring dengan semakin meningkatnya transaksi bahan pangan, kemungkinan timbulnya bahaya akibat bahan pangan yang tercemar semakin sering ditemukan sehingga memunculkan pemikiran untuk memproteksi produk-produk yang masuk ke suatu kawasan tertentu.  Negara-negara importir produk perikanan menetapkan standar yang ketat bagi produk yang dipasarkan di negara mereka, bahkan ada mekanisme untuk menolak bahkan memusnahkan produk-produk yang tidak seusia dengan standar. Poin penting yang tertera dari masing-masing regulasi teknis adalah bagaimana eksportir membuktikan bahwa produk yang dipasarkan telah memenuhi persyaratan standar yang dibutuhkan. Biasanya masing-masing negara mengembangkan prosedur monitoring, pengujian maupun pemeriksaaan yang dapat menjamin bahwa produk sesuai standar yang diinginkan. Umumnya pembuktian terhadap keseusian standar diwujudkan dalam bentuk sertifikasi.
Indonesia sebagai negara eksportir utama produk perikanan juga mengalami berbagai kasus penolakan produk. Amerika Serikat dengan sistem automatic detention yang dikendalikan oleh USFDA membuka fakta bahwa sejak tahun 2003 sampai tahun 2008 ditemukan lebih dari 100 kasus penahanan setiap tahunnya, puncaknya pada tahun 2004 ditemukan sebanyak 442 kasus. Positifnya sejak tahun 2008 terlihat trend penurunan kasus penahanan produk perikanan. Adanya kasus penolakan terhadap ekspor produk perikanan Indonesia ke Amerika menunjukan adanya proses penanganan dan produksi yang kurang baik. Hal inilah yang perlu dikaji. 
II.                METODE
Kajian terhadap penolakan ekspor komoditi hasil perikanan Indonesia ke Amerika Serikat dilakukan dengan  menghimpun data-data penolakan komoditi perikanan dari US FDA dari bulan Januari sampai Desember 2010. Data yang ada ditabulasikan dan digambarkan dalam sebuah grafik untuk selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk memberikan informasi yang mendukung.

III.             HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Penolakan Ekspor Komoditi Perikanan Indonesia ke AS Bulan Januari sampai April 2010
US FDA menetapkan 4 kategori penyebab penolakan terhadap komoditi impor ke Amerika Serikat yaitu adanya bakteri pathogen maupun toksin yang dihasilkan, bahan kimia yang dilarang penggunaannya atau melebihi batas maksimum penggunaan, adanya bahan asing yang seharusnya tidak terdapat pada produk (filthy), serta kesalahan pengemasan (misbranding). Data penyebab penolakan impor produk perikanan Amerika Serikata dari Indonesia dapat dilihat pada Gambar 1.
Gambar 1. Data Penolakan Ekspor Komoditi Perikanan Indonesia Ke AS (Januari-April 2010)
Pada Gambar 1. dapat dilihat bahwa penolakan ekspor komoditi perikanan Indonesia ke AS pada bulan Januari hingga April 2010 disebabkan oleh 4 faktor yaitu adanya pathogen dan toksin yang dibentuk (54%), filthy (20%), bahan kimia berbahaya (12,5%) dan misbranding (12,5%).  Penyebab terbesar penolakan produk disebabkan oleh adaya pathogen pada produk yaitu Salmonella dan histamin, yang terdapat pada frozen tuna dalam berbagai bentuk produk. Hal ini menunjukan bahwa sabagian proses produksi komoditi perikanan masih tidak terkontrol yang menyebabkan adanya kontaminasi Salmonella maupun terbentuknya histamine selama proses. Salmonella merupakan bakteri pathogen yang sangat berbahaya, tergolong bakteri gastroenteristis yang menyebabakan demam entrik. Di dalam bahan makanan, Salmonella tidak diijinkan keberadaanya (negatif). Hal ini disebabkan oleh bahaya yang ditimbulkan oleh adanya Salmonella. Keberadaan Salmonella menunjukan adanya kontaminasi selama proses produksi dan kurang baiknya system sanitasi pada proses produksi komoditi perikanan. Adanya Salmonella pada bahan pangan tidak menyebabkan perubahan warna maupun rasa, sehingga tidak terdeteksi secara visual dengan panca indra (Ray, 1996).
US FDA mensyaratkan kadar histamine maksimum pada produk perikanan yaitu 50ppm. adanya histamine yang melebihi standar pada daging ikan menunjukan telah terjadi perombakan histidin bebas menjadi histamine selama proses produksi maupun penyimpananidin produk. Perombakan histidin bebas menjadi histamine dilakukan oleh enzim histidin dekarboksilase yang banyak dijumpai pada beberapa bakteri seperti Morganella morganii, Clostridium perfingens dan Klebsiella. Bakteri ini tumbuh dan membentuk histamine pada suhu diatas 5oC, sehingga besarnya kadar histamine pada produk menunjukan adanya penanganan dan proses yang kurang mempertahankan rantai dingin, sehingga terjadi perkembangan bakteri pembentuk histamine. Hal ini dapat terjadi selama proses penyimpanan di kapal penangkapan, selama proses produksi, maupun penyimpanan produk.
Peyebab penolakan komoditi perikanan terbesar kedua adalah filthy. Ini menunjukan bahwa adanya zat/bahan/benda yang terkontaminasi pada produk perikanan. Hal ini terjadi karena kurang sempurnanya pengawasan terhadap pelaksanaan SOP dan GMP selama proses produksi sehingga ada benda-benda asing yang menempel pada produk seperti plastik, rambut dan bahan lainnya yang tidak dikehendaki dalam produk. Adanya kebiasaan sebagian karyawan yang tidak mematuhi aturan dapat menyebabkan kegagalan produksi. Kelalaian penggunaan perlengkapan standar seperti sarung tangan, penutup hidung dan kepala dapat menyebabkan terkontaminasinya ikan oleh benda lain (rambut) dan mikroorganisme. 

 Adanya bahan kimia yang tidak dikehendaki pada produk perikanan merupakan penyebab penolakan ketiga yang terjadi pada komoditi udang dengan berbagai size. Pengunaan antibiotik pada pembudidayaan udang menyebabakan adanya residu bahan kimia pada udang. Hal ini tidak dikehendaki pada produk.  Penyebab penolakan produk perikanan keempat adalah misbranding. Hal ini disebabkan oleh adanya ketidaksesuaian antara produk atau bahan penyusun produk dengan label pada kemasan.

B.     Penolakan Ekspor Komoditi Perikanan Indonesia ke AS Bulan Mei sampai Agustus 2010
Periode Mei sampai Agustus terdapat 22 kasus penolakan komoditi perikanan asal Indonesia dengan jenis komodit tuna, udang, wahoo, snaper dan grouper. Penyebab penolakan produk yaitu adanya pathogen dan filthy.
Gambar 2. Data Penolakan Ekspro Komoditi Perikanan Indonesia ke AS (Mei-Agustus 2010)
Penolakan terbesar Impor komoditi perikanan asal Indonesia masih disebabkan oleh bakteri pathogen  (80%) yaitu Salmonella dan Listeria. Listeriosis merupakan sakit yang disebabkan oleh bakteri Listeria. Listeria merupakan bakteri pathogen yang berasal dari tanah maupun kotoran. Bakteri ini dapat tumbuh pada suhu 1-40oC dengan suhu optimum pertumbuhan 35-37oC. Namun bakteri ini juga dapat bertahan pada penyimpanan pembekuan. Kondisi ini menyebabkan bakteri Listeria tetap hidup dalam produk ikan beku, sehingga pada saat dilakukan thawing dapat tumbuh pada produk. Infeksi Listeria menyebabkan demam, kram pada perut dan diare. Pada wanita hamil Listeria dapat menyebabkan masuk ke jaringan fetus dan menyebabkan kerusakan jaringan otak janin, sehingga keberadaan Listeria  pada produk pangan khususnya ikan sangat tidak diperbolehkan (Ray, 1996).. Penyebab kedua penolakan produk perikanan periode Mei  sampai Agustus adalah filthy pada produk ikan tuna dan fillet snapper.

C.    Penolakan Ekspor Komoditi Perikanan Indonesia ke AS Bulan September sampai Desember 2010
 Penolakan produk perikanaan asal Indonesia ke Amerika Serikat mengalami peningkatan di periode September – Desember. Dari 26 dan 20 kasus pada periode sebelumnya menjadi 100 kasus penolakan dengan penyebab bakteri pathogen 61%, filthy 33% dan bahan kimia 6%.
Gambar 3. Data Penolakan Ekspor Komoditi Perikanan Indonesia ke AS (September-Desember 2010)
Salmonella merupakan bakteri utama yang menyebabkan penolakan produk dan bahan kimia disebabkan oleh adanya residu chloramphenicol pada crabmeat pasturisasi. Selain tuna beberapa beberapa produk ikan snaper dan grouper juga terkontaminasi Salmonella. Sedangkan penolakan (filthy) terjadi pada ikan mahi-mahi dengan berbagai bentuk produk.
IV.             KESIMPULAN
Penolakan ekspor komoditi perikanan Indonesia ke Amerika Serikat disebakan oleh adanya bakteri pathogen, filthy, bahan kimia, dan misbranding. Penyebab terbesar adalah adanya kontaminasi bakteri pathogen (Salmonella) yang menunjukan masih adanya kelemahan dalam pengawasan selama proses produksi produ-produk perikanan di Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
Becker, G.S. 2010. U.S. Food and Agricultural Imports: Safeguards and Selected Issues.March 17, 2010. Congressional Research Service. US of America www.crs.gov

FAO. 2008. Universal softwere fos fisheries statistical time series. http://www.fao.org/fi/statist/FISOFT/FISHPLUS.asp. per juni 2008


http://www.ers.usda.gov/publications/eib39/. FDA Refusal Report

http://www.ers.usda.gov/Publications/FAU/2009/08Aug/FAU125/FAU125.pdf  . U.S. Food Import Patterns

http://www.kabarbisnis.com. 2011. Ekspor Ikan 2010 Meleset dari Target. diakses Mei 2011.

Ray, B. 1996. Fundamental Food Microbiology. CRC Press. P: 259-355. New York. United States of America.

Unnevehr, L. 2010. Information Needs for Creating Incentives in Global Supply Chains. Presentation at FSRC Workshop Assuring Safety of Imported Foods February 1, 2010.

1 comment:

  1. Bandar Judi Bola, Live Casino, Agen Poker & Live Game Terbaru dan Terpercaya di Asianbola77
    Gampang Daftar, Gampang Main dan Gampang Menangnya..

    1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN :
    - SPORTBOOK
    - LIVE CASINO
    - POKER
    - SLOT GAME
    - LIVE GAME

    Segera Bergabung Bersama Kami di Asianbola77
    Promo Menarik Dari Asianbola77
    - Minimal Deposit Rp 25.000
    - Minimal Withdraw Rp 50.000
    - BONUS NEW MEMBER SPORTBOOK 100%
    - BONUS DEPOSIT HAPPY HOUR 09:00 - 21:00 WIB
    - BONUS CASHBACK UP TO 15%
    - BONUS LIVECASINO UP TO 0,8%
    - BONUS ROLLINGAN POKER 0,3%
    - BONUS REFFERAL 2.5%
    Contact Us Now :
    ?? Wechat : Asianbola77
    ?? BBM : DC8820C7
    ?? Wa : +6281244043118
    ?? Line : Asianbola77
    ?? Link Pendaftaran : lc.chat/now/9325575/

    ReplyDelete